Amalia Suryani, penggagas Saung Budaya Dance New York City baru – baru ini dinobatkan menjadi pemenang International Women’s Day 2017 NYC Award di New York, Amerika Serikat.

Menjadi pemenang ajang bergengsi ini, Amalia bangga bisa memperoleh penghargaan sebagai perempuan terbaik di antara para perempuan dari berbagai negara lainnya yang mengikuti ajang kompetisi International Women’s Day 2017 NYC Award.

Bagi Amalia, kemenangan itu merupakan awal perjuangannya, “Award ini sebetulnya adalah titik awal utama dari perjuangan untuk memberi yang lebih banyak, yang lebih baik untuk kalangan Indonesia dan kalangan seni internasional di New York City, dan lebih luas nantinya,” ungkap Amalia saat ditemui Kabari di sela acara International Women’s Day 2017.

Penghargaan ini diberikan kepadanya atas penilaian dari tim komite untuk kontribusi, perjuangan, dan Amalia Suryani berhasil memberikan kejutan pada juri dalam mengangkat budaya Indonesia lewat Saung Budaya Dance dengan misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat internasional di New York City dengan keragaman budaya Indonesia, meningkatkan kesadaran akan sisi damai – kreatif – dan collaborative dari kultur budaya Islam Indonesia, dan juga atas kontribusinya untuk menggalang komunitas Indonesia dari berbagai suku, ras, agama untuk bersatu dan berkarya lewat seni budaya tari nusantara.

Tak mudah bagi seorang Amalia untuk mendapatkan perjuangan tersebut, “Ternyata sangatlah susah. Pada awalnya susah sekali untuk menggaet kalangan Indonesia sendiri yang besar dan lahir di New York untuk berpartisipasi, membantu, dan terus menjadi penerus atau membagi visi misi dari Saung Budaya ini,” ungkap Amalia.

Dance company yang baru merayakan 10 tahun mengudara memberikan dedikasinya lewat pergelaran dan outreach di children’s museum, Yale University, Wesleyan, Asia Society, dan juga berbagai kegiatan komunitas Indonesia di KJRI atau dengan berbagai institusi pemerintahan New York City, sudah mempunyai track record yang panjang, dan mempunyai pengaruh yang dalam di komunitas kesenian, budaya, dan international diversity di New York City.

Mari kita simak lebih lanjut tentang seluk beluk personality seorang Amalia Suryani, tentang role model impiannya sebagai penari. Dan pesannya untuk kalangan Diaspora Indonesia, juga tentang berbagai impiannya untuk Saung Budaya dan kalangan Indonesia di New York City – dan di Amerika Serikat – dari interview dengan Aryo Wicaksono, Kabarinews.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here